Dalam
dunia desain
grafis
telah menjadi salah satu hal yang paling penting. Hal ini karena sangat penting
dalam pencetakan dan untuk mendesain web. Desain
grafis
dapat digunakan dalam berbagai cara seperti produk / jasa promosi, seperti poster,
spanduk, newsletter, logo,
brosur, selebaran, kartu nama, alat tulis kantor seperti nota dll.
Dalam rangka untuk mendesain suatu produk kadangkala kita mempertimbangkan
seperti fakta-fakta dan harus mengikuti kemauan mereka. Titik-titik ini
berhubungan dengan warna, tekstur tata letak, dan ukuran dari format rancangan.
Layout:
Layout / Tata letak adalah bagian paling penting dari
desain
grafis
untuk itu merupakan dasar di mana semua rincian lainnya ditambahkan. Sebuah
tata letak yang baik harus seimbang, rapi dan dimasukkan ke dalam dengan cara
agar pembaca akan dapat membaca dengan mudah. Pada dasarnya untuk menempatkan
teks dalam posisi yang tepat agar kelihatan bagus.
Warna:
Hal-hal seperti banner harus mudah dibaca
dari jauh karena digunakan untuk mengiklankan, mempromosikan atau berbicara
dari suatu peristiwa. Ditempatkan pada posisi strategis itu harus dibaca dengan
mudah oleh semua orang lewat, Newsletter di sisi lain harus diatur dengan cara
agar pembaca dapat membaca dengan mudah. Warna yang tepat harus digunakan untuk
teks yang berbeda agar membuat halaman lebih menarik bagi pembaca. Sedangkan
pada logo harus dirancang dengan cara mereka pahami dengan mudah dan harus
komunikatif. Seharusnya tidak memiliki warna banyak agar tidak terlihat besar.
Tekstur:
Dua hal yang seharusnya dipertimbangkan dalam tekstur adalah membuat teks akan
terlihat seperti memanipulasi pada jenis teks kertas. Hal ini bahwa desainer
akan dapat menjelaskan kepada klien tentang tekstur desain. Oleh karena itu
tekstur dapat digunakan sebagai background di mana harus disederhana dengan
warna yang mencolok pada acara tersebut. Teks juga merupakan cara dan latar
belakang yang harus tampak pada materi dan harus menarik bagi pembaca. Ambil
contoh banner dengan warna
background dan warna gambar tidak harus kontras.
Ukuran:
Ukuran juga hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain. Ini adalah di
mana ukuran tata letak keseluruhan ditampilkan dan juga ukuran teks harus
bervariasi dengan ukuran tata letak keseluruhan. Ukuran teks berbeda dengan
ukuran seluruh desain. Ukuran font dan ukuran tata letak harus seimbang
mempertimbangkan header dan korset.
Font:
Font menjelaskan perusahaan atau korporasi. Beberapa perusahaan memiliki font
yang spesifik dan warna font yang tidak harus diubah. Satu hal yang harus
diperhatikan ketika memilih font dari teks atau header maupun logo.
Contoh Desain POSTER :