Konsep Warna
Dalam pengolahan image, dikenal dua macam warna paling populer yang menjadi standar
internasional, yaitu RGB dan CMYK.
1. RGB adalah singkatan dari Red-Green-Blue. 3 warna dasar yang
dijadikan patokan warna secara universal (primary colors). Dengan basis
RGB, seorang desainer bisa mengubah warna ke dalam kode-kode angka
sehingga warna tersebut akan tampil universal. Dasar warna ini menjadi
standar pasti dalam konteks profesional, seorang desainer tidak bisa
mengatakan sebuah warna berdasar pertimbangan subektif, misal: biru muda
menurut orang awam adalah birunya langit di siang yang cerah, hal ini
bisa jadi berbeda bagi orang lain dengan pertimbangan yang lain pula.
Untuk menyamakan persepsi dalam definisi warna, perlu adanya standar
internasional dalam konteks kerja profesional. Dengan standar RGB,
seorang desainer dapat mengatakan warna dengan komposisi angka yang
jelas, warna biru memiliki komposisi perpaduan antara unsur Red, Green,
Blue dengan derajat angka untuk R : 115 – G : 221 – B : 240.
2. Standar warna internasional lainnya yang digunakan untuk dunia
percetakan adalah CMYK yang merupakan Singkatan dari Cyan – Magenta –
Yellow, dan K mewakili warna hitam. Seperti halnya RGB, CMYK menggunakan
standardisasi warna dalam koordinat. Rangenya antara 0 – 100 sehingga
kehadiran unsur K sangat menentukan. Berapapun koordinat CMY-nya, selama
K- nya 100 maka warna tersebut akan jadi warna hitam. CMYK merupakan
standar warna berbasis pigment-based, menyesuaikan diri dengan standar
industri printing. Sampai saat ini dunia cetak- mencetak memakai 4 warna
dasar dalam membuat warna apapun.
Arti warna
Merah
Melambangkan kekuatan, kemauan, eksentrik, aktif, agresif, bersaing,
warna ini memberikan pengaruh berkemauan keras dan penuh semangat.
Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya.
Catatan:Warna
Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi symbol Natal. Merah
jika dikombinasikan dengan Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di
budaya Oriental.
Ini adalah warna yang dinamis dan dramatis. Bila dipakai dalam dunia
profesional memiliki kesan yang sangat kuat. Warna ini tak Cuma
memengaruhi psikologi tapi juga fisik. Penelitian
menunjukkan menatap warna merah bisa meningkatkan detak jantung dan membuat kita bernapas lebih cepat.
Biru
Melambangkan kekuatan, kemauan, eksentrik, aktif, agresif, bersaing, Kepercayaan, Konservatif,
Keamanan, Tehnologi, Kebersihan, Biru memiliki arti stabil karena itu adalah warna langit. Meski langit kelabu dan
warna ini memberikan pengaruh berkemauan keras dan penuh semangat. Keteraturan.
Catatan:Ban yak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika
Serikat untuk memberikan kesan ‘kepercayaan’. hujan, kita tahu di atas
awan-awan itu warna
langit tetaplah biru. Biru tua lebih cocok untuk sesuatu yang formal atau seragam,
sementara biru muda untuk yang sifatnya non formal.
Hijau
Melambangkan elastisitas keinginan. Cenderung pasif, bertahan, mandiri, posesif, susah
menerima pemikiran orang lain. Pengaruh dari warna ini antara lain teguh dan kokoh,
mempertahankan miliknya, keras kepala, dan berpendirian tetap. Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan.
Catatan: Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis,
kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur Tengah, warna
Hijau sangat disukai. Warna hijau cocok dipakai untuk suasana santai.
Sedangkan hijau pastel cocok untuk mengekspresikan kegembiraan. Hijau
melambangkan alam, kehidupan, dan simbol
fertilitas.
Kuning
Warna ini bersifat menonjol, semangat untuk maju dan toleransi
tinggi. Pengaruh warna ini antara lain riang, dermawan, dan sukses.
Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut
(untuk budaya Barat), pengkhianatan.
Catatan:Kuning adalah warna keramat dalam agama Hindu. Banyak
orang yang kurang pede memakai warna ini karena takut terlihat mencolok.
Padahal warna kuning hadir dalam berbagai
variasi, mulai dari pastel hingga kuning cerah. Warna kuning akan meningkatkan konsentrasi, itu
sebabnya warna ini dipakai untuk kertas legal atau post it. Kuning juga merupakan warna persahabatan.
Ungu
Ungu adalah campuran warna merah dan biru. Menggambarkan sikap ‘gempuran’ keras yang
dilambangkan dengan warna biru. Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus
kepengertian yang dalam dan peka. Bersifat kurang teliti namun penuh Spiritual, Misteri,
Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan.
Catatan: Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. Warna ungu pada zaman kerajaan
seringkali dipakai untuk melambangkan kekuasaan dan pemerintahan. Ungu tua memberi kesan
lebih elegan. Harapan.
Oranye
Melambangkan kekuatan, kemauan, eksentrik, aktif, agresif, bersaing, warna ini memberikan
pengaruh berkemauan keras dan penuh semangat. Energy, Keseimbangan,
Kehangatan. Catatan:Menekankan sebuah produk yang tidak mahal. Warna
oranye memberikan kesan
kegembiraan dan keceriaan. Warna ini cocok digunakan untuk situasi yang meriah dan ramai.
Cocok pula digunakan untuk menggambarkan jiwa anak-anak yang masih senang bermain.
Coklat
Natural, terkesan alami, warna dasar (foundation) kulit. Terkesan kokoh dan kuat seperti batang
pohon. Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan.Catatan: Kemasan
makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi
di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
Warna coklat memberikan kesan alami, karena coklat
juga merupakan warna tanah, yang merupakan salah satu unsur di alam ini. Warna ini juga cukup
serasi jika digunakan untuk situasi yang formal dan resmi.
Hitam
Elegan, kuat, sophisticated Hitam punya reputasi buruk. Warna ini
dipakai oleh para penjahat di komik atau film. Hitam juga melambangkan
duka dan murung. Tapi, hitam juga punya sisi lain, misalnya saja untuk
menyatakan sesuatu yang abadi, klasik, dan secara universal dianggap
sebagai warna yang melangsingkan. Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri,
Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan.
Catatan: Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat.
Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance),
Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan
(Sopiscated).
Warna hitam mudah dipadukan dengan warna apa pun. Dapat juga
ditambahkan sedikit keceriaan, misalnya menggunakan warna cerah, warna
bebatuan, warna merah, atau stiletto
warna silver.
Abu Abu
Serius, bisa diandalkan dan stabil Warna abu-abu adalah warna alam. Di luar sana warna abu-
abu merupakan warna yang permanen, misalnya batu atau karang. Intelek,
Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan.
Catatan: Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah
dilihat oleh mata. Abu-abu adalah warna yang kuat dan praktikal. Tapi
bila warna ini dipakai terlalu banyak akan dianggap
membosankan. Beri sentuhan warna lain, warna yang cukup cerah.
Dalam bisnis non-internet atau bisnis internet, pemilihanwarna juga punya
peran. Warna-warna memiliki peran dalam menciptakan
suasana pembelian, pemerkuat image produk, serta peningkatan citra bisnis anda.
Dalam feng shui, warna adalah getaran. Getaran itu selalu
kita respon, secara sadar maupun tidak. Warnamemengaruhi
kenyamanan lingkungan dan mood. Warna yang kita kenakan sehari-hari memengaruhi
pandangan orang lain terhadap kita.
Coba
perhatikan misal hampir semua bisnis makanan seperti KFC, MC Donald, Pizza
hut, boleh dikata semuanya menggunakan warna merah. Mengapa demikian? Konon,
warna merah itu menambah nafsu makan. Sehingga para pebisnis banyak menggunakan
warna merah dalam bisnis makanan. Saya pun yakin, setiap orang
punya warna kesukaan masing-masing. Itu menunjukkan bahwa ada hubungan antara
warna dengan manusia. Seperti halnya mungkin ketika kita memilih warna busana
seperti disampaikan Mbak Sari. Kekuatan warna bisa mempengaruhi sisi emosional
kita.
Kuning
Respon Psikologi: Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak jujuran, Pengecut (untuk
budaya Barat), pengkhianatan, pencerahan dan intelektualitas. Kuning adalah
warna keramat dalam agama Hindu. Kuning adalah warna yang hangat. Cukup menarik
perhatian dan sangat baik jika dijadikan background untuk teks hitam karena akan lebih
mencolok terlihat.
Oranye
Respon Psikologi: Energy, Keseimbangan, Kehangantan. Menekankan sebuah produk yang tidak mahal.
Merah
Respon Psikologi: Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu, agresi, bahaya,
berpendirian, dinamis, dan percaya diri. Warna Merah kadang berubah arti jika dikombinasikan dengan warna lain. Merah
dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika
dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti ‘bahagia’ di budaya Oriental.
Bisa berarti berani dan semangat yang berkobar-kobar. Singkatnya secara umum
berhubungan dengan perasaan yang meledak-ledak.
Warna merah mudah menarik
perhatian dan meningkatkan nafsu. Karena itu seperti saya katakan tadi, bisnis
makanan banyak menggunakan warna dominan merah karena ini dipercaya dapat
meningkatkan nafsu makan pembeli, lihat saja warna pizza hut, McD, KFC yang
juga ada merahnya.
Atau kalau untuk teks, warna merah pasti akan lebih menarik perhatian dibanding
warna lain. Namun jika untuk background dengan teks hitam, akan membuat mata
cepat lelah.
Biru
Respon Psikologi: Kepercayaan, Konservatif, Keamanan, Tehnologi, Kebersihan,
Keteraturan, Damai, menyejukkan, spiritualitas, kontemplasi, misteri, dan
kesabaran.
Banyak digunakan sebagai warna pada logo Bank di Amerika Serikat untuk memberikan
kesan tenang, terpercaya, ilmu dan wawasan. Warna ini sangat baik untuk
menumbuhkan loyalitas konsumen. Bank-bank banyak menggunakan warna biru sebagai
warna dominannya, demikian juga pendidikan.

Hijau
Respon Psikologi: Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan, pertumbuhan,
kesuburan, harmoni, optimisme, kebebasan, dan keseimbangan
Warna Hijau tidak terlalu ’sukses’ untuk ukuran Global. Di Cina dan Perancis,
kemasan dengan warna Hijau tidak begitu mendapat sambutan. Tetapi di Timur
Tengah, warna Hijau sangat disukai. Banyak produk yang menekankan kealamian
produk menggunakan warna ini sebagai pilihan. Untuk perusahaan-perusahaan yang
berhubungan dengan eksplorasi alam, warna hijau banyak dipakai untuk menegaskan
bahwa perusahannya berwawasan lingkungan. Warna ini termasuk yang sedang
ngetren dan akan banyak dipakai khususnya dengan kampanye yang berhubungan
dengan lingkungan. Kemasan deterjen juga tidak sedikit yang menggunakan warna
hijau.

Ungu atau Jingga
Respon Psikologi: Spiritual, Misteri, Kebangsawanan, Transformasi, Kekasaran,
Keangkuhan, Ramah, Romantis, dan Mandiri.
Warna Ungu sangat jarang ditemui di alam. Ungu adalah capuran warna merah dan
biru. Menggambarkan sikap ‘gempuran’ keras yang dilambangkan dengan warna biru.
Perpaduan antara keintiman dan erotis atau menjurus ke pengertian yang dalam
dan peka. Bersifat kurang teliti namun penuh harapan.
Coklat
Respon Psikologi: Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya Tahan, Stabilitas,
Bobot, Kestabilan dan Keanggunan.
Kemasan makanan di Amerika sering memakai warna Coklat dan sangat sukses,
tetapi di Kolumbia, warna Coklat untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
Hitam
Respon Psikologi: Ketakutan, Power, Kecanggihan, Kematian, Misteri,
Seksualitas, Kesedihan, Keanggunan, dan Independen, Berwibawa, Penyendiri,
Disiplin, dan Berkemauan keras.
Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat. Sebagai warna Kemasan,
Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan
(Sopiscated). Menunjukkan hal yang tegas, elegan, dan eksklusif. Juga bisa
mengandung makna rahasia. Seperti ketika saya memilih warna dominan hitam pada
Rahasia Blogging.warnatersebut sangat mendukung kata “rahasia” yang ingin saya
tekankan.
Kalau untuk warna mobil, biasanya mobil berwarna hitam lebih mahal daripada
mobil berwarna lain.
Putih
Warna suci dan bersih, natural, kosong, tak berwarna, netral, awal baru,
kemurnian dan kesucian
Warna yang sangat bisa dipadukan dengan warna apapun. Warna putih di situs web
banyak dipakai sebagai warna background teks hitam. Sebab pengunjung akan lebih
mudah untuk membacanya.
Abu Abu
Respon Psikologi: Intelek, Masa Depan (kayak warna Milenium), Kesederhanaan,
Kesedihan.
Warna Abu abu adalah warna yang paling gampang/mudah dilihat oleh mata.
Kesimpulan
Warna sebagai termasuk dalam ranah nirmana.
Terkadang pemakaian warna sangat membantu dalam pemilihan font dalam typografi. Kemampuan penguasaan budaya dan warna sangat
berpengaruh dalam menentukan sebuah warna dalam pemakaian ke dalam produk
desain, oleh karenanya penguasan warna merupakan syarat penting untuk desainer pemula. Meski demikian, arti
warna bisa bergantung juga dengan bidang tertentu, budaya, agama, dan adat
setempat. Warna kuning bisa berasosiasi dengan partai politik tertentu kalau
dalam politik; sementara kalau dalam kehidupan sehari-hari, bendera kuning yang
dipasang di rumah seseorang, itu pertanda tengah terjadi peristiwa berkabung.
Sementara bank syariah hampir pasti selalu dihiasi dengan warna hijau yang
berasosiasi dengan agama tertentu