Dalam dunia desain grafis telah menjadi salah satu hal yang paling penting. Hal ini karena sangat penting dalam pencetakan dan untuk mendesain web. Desain grafis dapat digunakan dalam berbagai cara seperti produk / jasa promosi, seperti poster, spanduk, newsletter, logo, brosur, selebaran, kartu nama, alat tulis kantor seperti nota dll.


Dalam rangka untuk mendesain suatu produk kadangkala kita mempertimbangkan seperti fakta-fakta dan harus mengikuti kemauan mereka. Titik-titik ini berhubungan dengan warna, tekstur tata letak, dan ukuran dari format rancangan.

Layout:
Layout / Tata letak adalah bagian paling penting dari desain grafis untuk itu merupakan dasar di mana semua rincian lainnya ditambahkan. Sebuah tata letak yang baik harus seimbang, rapi dan dimasukkan ke dalam dengan cara agar pembaca akan dapat membaca dengan mudah. Pada dasarnya untuk menempatkan teks dalam posisi yang tepat agar kelihatan bagus.

Warna:
Hal-hal seperti
banner harus mudah dibaca dari jauh karena digunakan untuk mengiklankan, mempromosikan atau berbicara dari suatu peristiwa. Ditempatkan pada posisi strategis itu harus dibaca dengan mudah oleh semua orang lewat, Newsletter di sisi lain harus diatur dengan cara agar pembaca dapat membaca dengan mudah. Warna yang tepat harus digunakan untuk teks yang berbeda agar membuat halaman lebih menarik bagi pembaca. Sedangkan pada logo harus dirancang dengan cara mereka pahami dengan mudah dan harus komunikatif. Seharusnya tidak memiliki warna banyak agar tidak terlihat besar.

Tekstur:
Dua hal yang seharusnya dipertimbangkan dalam tekstur adalah membuat teks akan terlihat seperti memanipulasi pada jenis teks kertas. Hal ini bahwa desainer akan dapat menjelaskan kepada klien tentang tekstur desain. Oleh karena itu tekstur dapat digunakan sebagai background di mana harus disederhana dengan warna yang mencolok pada acara tersebut. Teks juga merupakan cara dan latar belakang yang harus tampak pada materi dan harus menarik bagi pembaca. Ambil contoh
banner dengan warna background dan warna gambar tidak harus kontras.

Ukuran:
Ukuran juga hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika mendesain. Ini adalah di mana ukuran tata letak keseluruhan ditampilkan dan juga ukuran teks harus bervariasi dengan ukuran tata letak keseluruhan. Ukuran teks berbeda dengan ukuran seluruh desain. Ukuran font dan ukuran tata letak harus seimbang mempertimbangkan header dan korset.

Font:
Font menjelaskan perusahaan atau korporasi. Beberapa perusahaan memiliki font yang spesifik dan warna font yang tidak harus diubah. Satu hal yang harus diperhatikan ketika memilih font dari teks atau header maupun logo.

Contoh Desain POSTER :